Kamis, 08 Oktober 2009

Pondok Pesantren Nurul Hikmah

1. Sejarah Berdirinya Pondok Pesantren Nurul Hikmah
Pondok Pesantren Nurul Hikmah adalah sebuah lembaga Pendidikan Islam yang berdiri tahun 1978 oleh Al-Mukarrom KH. Muhammad Djalaludin beserta tokoh masyarakat sekitar. Beralamat di Kp. Cijambu Rt. 02/01 Desa Cisalada Kec. Cigombong - Bogor.
Pada mulanya pesantren Nurul Hikmah adalah sebuah pengajian kecil yang jama'ahnya masyarakat sekitar dan dilaksanakan di rumah sederhana milik Kyiai, materi yang diajarkan adalah masalah seputar agama seperti, Ilmu Fiqh, tauhid, akhlaq dll. Tetapi seiring berjalannya waktu, pengajian ini terus bertambah jama'ahnya. Bahkan orang yang di luar kp. Cijambu ikut mengaji. Untuk menampung jama'ah yang terus meningkat, didirikanlah pesantren yang di dalamnya terdapat majlis ta'lim dan asrama santri, selain pesantren didirikan pula Madrasah Diniyah Awaliyah. Lalu kemudian, pada tahun 2001 Pondok Pesantren ini statusnya diganti menjadi lembaga yang berbadan hukum yaitu Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hikmah dengan akta Notaris Ny. Elly Sri Muljati, SH No. 04 Mei 2001. Pada tahun yang sama didirikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Nurul Hikmah. Sampai saat ini santri yang belajar berjumlah 210 Orang dengan staf pengajar 18 Ustadz/ah.

2. Latar Belakang Yayasan Pondok Pesantren Nurul Hikmah
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sekarang ini berkembangan begitu pesat. Informasi dengan mudah dapat diakses dari berbagai media sehingga implikasinya mempengaruhi pada kehidupan masyarakat. Pola fakir masyarakat yang materialisme, hedonisme dan happinisme adalah salah satu dampak negative tekonologi. Disamping berdampak negative, perkembangan IPTEK memiliki dampak yang positif terutama membantu umat manusia khususnya umat islam dalam memperoleh informasi yang cepat dan kemudahan untuk menjalankan ibadah. Kemajuan IPTEK sebaiknya diimbangi dengan SDM yang berkualitas dengan dibekali spriritual tinggi sesuai dengan ajaran agama. Nurul Hikmah adalah sebuah lembaga pendidikan, social, dan keagamaan hadir di tengah-tengah masyarakat dalam rangka merespon perubahan zaman yang begitu cepat.

3. TUJUAN

a. Tujuan Umum

Tujuan berdirinya lembaga Pendidikan Nurul Hikmah adalah membentuk manusia beriman dan bertaqwa Kepada Allah serta memiliki wawasan yang luas untuk mengimbangi Ilmu Pengetahuan dan Tekonologi (IPTEK)

b. Tujuan Khusus

1. Melaksanakan Sistem Pendidikan yang berjenjang mulai dari tingkat dasar, menengah dan tinggi

2. Melaksanakan sistem pembelajaran yang terintegrasi antara ilmu umum dan agama

3. Mengarahkan kepada para siswa/santri untuk memiliki akhlaq mulia dan wawasan luas serta pandangan jauh ke depan

4. Mengembangkan nilai kebersamaan, kerukunan dan persatuan sebagai pilar kemanusiaan

5. Menanamkan sikap kemandirian, kesederhanaan dan kebersahajaan.


Program Yang Dilaksanakan di Yayasan Nurul Hikmah

1. Program Pendidikan

a. Pendidikan Formal ; melaksanakan pendidikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yaitu pendidikan dasar setingkat SLTP. Kurikulum yang di gunakan di MTs. menggunakan kurikulum terpadu antara kurikulum Depad, Diknas dan Pondok Pesantren.

b. Pendidikan non Formal ; Melaksanakan pendidikan Madrasah Diniyah Takmiliah (MDT)

c. Majlis Ta'lim

2. Bidang Sosial

1. Mengadakan kegiatan khitanan masal ; yaitu setiap tahun di bulan Maulid Nabi Muhammad SAW

2. Santunan yatim/piatu ; setiap tanggal 10 di bulan Muharram

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com Design by : Asep Hidayat Hariri Copy right : 2009